Cara Pasang Kaca Film Mobil dengan Baik dan Benar

 Cara Pasang Kaca Film Mobil dengan Baik dan Benar

Sama pentingnya dengan mesin, body mobil membutuhkan kaca di beberapa bagian tertentu. Setiap produsen mobil selalu menggunakan jenis kaca berbeda-beda. Baik itu dari jenis material sampai dengan tingkat kegelapannya.

Bagi pemilik kendaraan yang merasa belum puas dengan kaca film bisa menambahkannya. Anda bisa menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan sesuai kebutuhan. Bahkan cara pasang kaca film mobil pun bisa dilakukan sendiri.

Hanya saja dalam proses pemasangan kaca film tidak boleh dilakukan sembarangan. Bagaimana cara memasang kaca film yang baik dan benar pada sebuah mobil? Anda bisa menyimaknya di sini. Tapi saran saya mending menggunakan jasa pasang kaca film yang profesional saja disini https://www.pusatkacafilmbandung.com


5 Langkah Cara Pasang Kaca Film Mobil yang Benar

Mengapa kaca film perlu ditambahkan pada kaca mobil? Ada banyak fungsi yang menjadi tujuan kaca film perlu dipasang. 

Pertama adalah untuk membuat cahaya matahari yang masuk ke kabin tidak membuat ruang menjadi panas.

Kedua adalah untuk menjaga privasi di dalam ruang kabin. Ketiga adalah untuk mencegah terjadinya pencurian karena barang di dalam kabin bisa terlihat dari luar. Keempat adalah untuk meningkatkan penampilan kuda besi Anda.

Kaca film pun memiliki tingkat gelap yang berbeda-beda. Meskipun banyak variannya, namun cara pemasangan kaca film mobil tetap sama. Supaya tak salah kaprah ketika ingin memasang sendiri, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

 1. Mempersiapkan Tempat Pemasangan

Hal pertama yang harus disiapkan adalah ruang atau tempat Anda memasang kaca film. Untungnya Anda tidak perlu membongkar kaca mobil, namun bisa memasangnya langsung. Hasil yang lebih sempurna tergantung di mana Anda hendak memasangnya.

Untuk pengerjaannya lebih baik hindari ruangan outdoor, sebaiknya lakukan pemasangan di ruangan tertutup yang bersih. Tujuannya supaya debu yang terbawa angin tidak menempel ke bawah kaca film saat proses pemasangan.

Sebelum mulai cara pasang kaca film mobil Anda bisa memilih ruang garasi yang cukup luas agar lebih aman. Pastikan tidak ada udara kencang membawa debu seperti kipas angin saat Anda membersihkan kaca dan menempel kaca film.

 2. Membersihkan Kaca Mobil

Cara memasang kaca film mobil selanjutnya adalah membersihkan bagian kaca mobil. Jika terdapat stiker lama, sebaiknya dilepaskan terlebih dahulu. Kaca mobil tidak boleh memiliki lapisan kaca film lain, debu, atau kotoran.

Cara membersihkannya adalah dengan dengan menyedot debu, gunakan vakum cleaner. Kemudian siapkan air sabun dan pisau cukur. Gunakan kain dan basahi kedua susu kaca dengan air sabun.

Setelah itu gosok dengan kain bagian bekas stiker lama atau kotoran lainnya. Anda juga bisa menggunakan pisau cukur untuk menghilangkan kotoran membandel. Jangan lupa tutup tepi kaca supaya tidak kotor mengenai area kabin.

Proses pembersihan ini perlu dilalukan berulang kali sampai area kaca bersih tanpa ada debu yang tersisa.

 3. Mengeringkan Kaca Mobil

Cara pasang kaca film mobil selanjutnya adalah dengan mengeringkan kaca yang tadi sudah terkena air sabun. Kaca tidak perlu dibilas dengan air biasa, jika terlalu banyak kotoran, Anda bisa menggunakan lebih banyak air sabun.

Langkah pertama dalam mengeringkan kaca adalah dengan menggunakan alat penyeka dari bahan karet. Tarik alat ke satu arah,bisa ke bawah atau ke samping. Namun untuk membersihkan kaca jendela mobil akan lebih baik ditarik ke kiri.

Alat dari bahan karet ini akan bekerja mengangkat semua kotoran dengan maksimal. Setelah menggunakan alat tersebut baru mulai mengelapnya dengan kain kering dan juga bersih. Melalui dua langkah ini maka kaca mobil akan kembali kering sempurna.

 4. Mengukur dan Memotong Kaca Film

Selanjutnya adalah proses pengukuran kaca film kemudian memotongnya. Cara pasang kaca film mobil harus dilakukan pengukuran langsung pada kaca. Mulailah dengan mengamati bagian kaca film mana yang memiliki perekat.

Sisi yang memiliki perekat harus menghadap keluar sehingga lapisan film nantinya menempel. Proses pengukuran dimulai dengan menyemprotkan air bersih ke permukaan kaca mobil yang sudah dibersihkan.

Kemudian tempelkan gulungan kaca film sesuai posisi perekat menghadap keluar. Kaca film akan langsung menempel pada permukaan kaca kemudian buat pola mirip kaca dengan terdapat sisa 5 hingga 8 cm.

Jika sudah dipotong Anda bisa menyemprotkan air kembali di bagian luar kaca. Anda bisa menggunakan semprotan berisi air sabun hingga semua bagian kaca film telah tertutup cairan dengan tipis.

Baru setelahnya Anda bisa menggunakan cutter untuk memotong kaca film sesuai dengan ukuran kaca yang pas. Berhati-hatilah dalam melakukannya jika tidak terbiasa, karena bisa merobek area lainnya.

Pastikan juga bahwa cutter hanya menempel pada bagian kaca. Hindari untuk melakukan kesalahan yang melukai bagian karet kaca dan body mobil. Pada tahapan ini Anda masih bisa melepaskan kaca film bila belum menempel dengan benar.

Anda bisa menarik bagian ujung kaca dengan hati-hati kemudian rapikan setiap sudutnya. Anda bisa merapikan dengan cutter dan pastikan setiap sudutnya presisi dan tidak ada kaca film yang terangkat.


 5. Menempelkan dan Merapikan Kaca Film

Usai dipotong dengan rapi, tempelkan kembali kaca film ke posisi yang tepat untuk dilanjutkan ke proses penempelan. Pertama lepaskan terlebih dahulu bagian lapisan liner dari kaca film.

Kemudian baru basahi permukaan kaca mobil dengan air sabun, kemudian tempelkan kaca film yang tadi telah dipotong. Sisanya adalah dengan merapikan. Anda bisa mulai menggunakan heat gun serta kartu keras untuk menekan kaca film.

Arah yang benar adalah dari atas ke bawah, tujuannya adalah mengeluarkan air sabun yang tadi telah disemprotkan. Sekaligus menghilangkan udara yang terjebak di antara permukaan kaca dan kaca film.

Jika masih ada gelembung yang muncul, terus tekan menggunakan kartu keras sambil terus dipanaskan dengan heat gun. Cara pasang kaca film mobil pada tahapan ini sangat krusial karena menentukan tingkat kerapian pemasangan.

Apabila sudah tidak ada lagi air sabun di bawah lapisan kaca film atau udara, Anda bisa menyemprotkan kembali dengan air sabun. Kemudian gunakan alat pembersih berbahan karet untuk membersihkan sisa air sabun.

Kini kaca mobil Anda sudah memiliki lapisan kaca film yang membuat tampilan mobil lebih menarik dan privasi tetap terjaga. 


Tips agar Cara Pasang Kaca Film Mobil Lebih Mudah

Apakah Anda merasa kesulitan dalam pemasangan dan merasa gagal? Supaya tidak banyak kaca film yang terbuang, beberapa tips berikut ini akan sangat membantu.
Mintalah bantuan orang lain untuk ikut menempelkan kaca film jika tidak terbiasa sendiri. Apalagi untuk ukuran kaca yang cukup lebar.
 Hindari menggunakan air mengandung asam karena akan merusak kaca mobil kesayangan Anda.
 Permukaan kaca mobil harus dipastikan berulang kali benar-benar bersih sebelum memasang. Karena debu sangat mudah terjebak di bawah kaca film nantinya.  Pastikan Anda melakukan pemasangan di dalam ruangan yang kering, bebas debu dan tidak berangin.

Apabila Anda kurang yakin untuk pemasangan kaca film sendiri, akan lebih baik bila mendatangi pasang kaca film resmi https://www.pusatkacafilmbandung.com terdekat. Teknisi akan memasang kaca film dengan rapi, sekaligus servis mobil secara berkala.

Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel