4 Manfaat Kaca Film pada Mobil

 












Mayoritas pemilik mobil memasang berbagai akseseori pada mobil, salah satunya kaca film. Kaca film menjadi salah satu aksesori yang jamak terpasang pada banyak mobil.  Banyak orang yang memasang kaca film untuk terhindar dari panas ketika mobil digunakan.
Apa Saja Manfaat dari Kaca Film

Melansir dari laman Suzuki, kaca film memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Mengurangi intensitas cahaya yang masuk

Tujuan utama dari pemasangan kaca film adalah untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk. Ketika berkendara di siang hari dengan sinar matahari yang terik, pemasangan kaca film akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman karena cahaya yang masuk ke kabin menjadi berkurang.

Di samping itu, pemasangan kaca film juga bisa untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk pada malam hari, khususnya yang berasal dari sorot lampu LED.

2. Meningkatkan keamanan

Saat mobil mengalami benturan, kaca film dapat untuk menguatkan kaca dari benturan. Hal ini karena kaca film terbuat dari bahan lapis yang terdiri dari logam, polyester, dan perekat khusus.

3. Mengurangi risiko kejahatan jalanan

Memasang kaca film juga bisa mengurangi risiko terjadinya kejahatan jalanan. Hal ini karena dengan memasang kaca film akan mengurangi pandangan orang dari luar ketika melihat bagian kabin mobil.

4. Menjaga privasi

Banyak orang yang memasang kaca film karena alasan privasi. Hal ini karena banyak orang yang tidak nyaman ketika berkendara dan terlihat oleh banyak orang dari luar. Oleh karena itu, memasang kaca film menjadi salah satu pilihan untuk menjaga privasi dan memberikan rasa nyaman ketika berkendara.
Salah satu alasan mobil lebih nyaman digunakan ialah terhindar dari panasnya matahari saat berkendara. Memiliki kaca di bagian depan, samping dan belakang, menambahkan kaca film akan sangat membantu mengurangi intensitas panas yang masuk ke dalam kabin.

Selain itu, kaca film juga membantu mengurangi resiko kejahatan di jalan. Tidak membutuhkan perawatan yang intens, pemilik hanya perlu menjaga komponen ini agar tak terkena goresan, itu saja.

Untuk mengetahui lebih jelas manfaat kaca film, berikut ulasannya seperti dilansir Suzuki Indonesia.

Mengurangi Intensitas Cahaya Masuk

Tujuan dan fungsi utama pemasangan kaca film ialah mengurangi intensitas cahaya yang masuk. Sinar matahari bisa membuat perjalanan terganggu karena panas berlebih masuk ke dalam kabin. Dengan memasang kaca film, cahaya yang masuk menjadi berkurang. Tak hanya siang hari, intensitas cahaya yang masuk pada saat malam hari juga akan berkurang.

Hal ini akan membantu pengendara mengurangi ketidaknyamanan karena cahaya yang dihasilkan kendaraan lain.

Bagi sebagian besar pengendara mobil, manfaat kaca film mungkin hanya untuk menambah kenyamanan saja dan agar pengendara tidak silau pada saat berkendara di siang hari. Kaca film memang dapat membantu agar intensitas cahaya yang masuk ke dalam mobil dapat berkurang sehingga tidak silau dan dapat menambah kenyamanan berkendara.

Oleh karenanya, banyak pengendara mobil menambahkan aksesoris kaca film pada mobilnya terutama pada bagian kaca depan. Selain kaca depan, kaca film juga dapat dipasang pada kaca samping maupun kaca belakang mobil. Bahkan kini banyak produsen mobil sudah menambahkan kaca film terlebih dahulu pada saat produksi sehingga konsumen tidak perlu menambah kaca film terpisah.

Sebagian dari kita mungkin bertanya, apakah kaca film selain untuk menghalangi sinar matahari, memiliki fungsi atau kegunaan lain? Hal ini tidak jarang ditanyakan karena banyak kaca film yang dijual dengan beragam variasi harga hingga yang sangat mahal.
Kegunaan Autofilm pada Mobil

Kaca film sendiri adalah lapisan yang ditempelkan ke bagian dalam dari kaca mobil. Lapisan yang ditempelkan ini biasanya berwarna lebih gelap dengan tujuan dapat mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam mobil.

fungsi kaca film mobil

Kaca film sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti nano metal, nano ceramic, maupun nano carbon. Pemasangan kaca film juga tidak bisa sembarangan. Pengerjaan perlu dilakukan oleh orang yang terlatih agar hasil pemasangan dapat rapi dan tidak bergelembung.
Fungsi Kaca Film pada Mobil

Pemasangan kaca film dengan kualitas yang baik penting agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari pemasangan kaca film pada mobil yang Anda miliki. Berikut ini manfaat kaca film mobil yang dipasang pada kaca bagian depan:

Mengurangi Cahaya yang Masuk

Manfaat utama dari kaca film yang berwarna gelap dapat Anda rasakan baik pada siang maupun malam hari. Kaca film dapat membantu mengurangi terik dan intensitas dari sinar matahari yang masuk ke dalam mobil. Kaca film juga dapat membantu agar suhu di kabin lebih nyaman karena panasnya cahaya matahari yang teredam oleh kaca film. Pada malam hari, kaca film juga dapat membantu mengurangi intensitas cahaya dari kendaraan lawan arah yang masuk ke mobil agar pandangan Anda tidak terganggu karena silau.

Mengurangi Risiko Kejahatan

Dengan memasang kaca film, dapat mengurangi risiko terjadinya tindak kejahatan. Orang dari luar akan sulit melihat masuk ke dalam kabin mobil, sehingga orang tidak leluasa melihat ke dalam sekaligus mengurangi risiko kejahatan seperti perampokan barang berharga yang ada di dalam mobil.

Meningkatkan Privasi

Manfaat kaca film selain mengurangi risiko kejahatan juga dapat meningkatkan privasi penumpang. Hal ini karena orang lain menjadi lebih sulit dan tidak leluasa melihat isi dalam mobil dan apa yang Anda lakukan, terutama saat berhenti di lampu merah.

kaca film mobil

Meningkatkan Keamanan saat Terjadi Benturan

Saat terjadi tabrakan atau benturan, kaca film dapat membantu meningkatkan keamanan. Kaca mobil  tidak akan langsung pecah karena ditopang oleh perekat yang terdapat pada kaca film. Hal ini memungkinkan kaca tidak langsung pecah dan menggores atau membahayakan penumpang dan pengendara apabila memang terjadi kecelakaan dan kaca mobil pecah.

Untuk Gaya

Salah satu fungsi kaca film yang lain adalah sebagai aksesori penunjang untuk meningkatkan tampilan mobil. Banyak orang memasang kaca film dengan warna gelap agar mobil terlihat lebih elegan dan eksklusif, terutama jika mobil juga berwarna gelap.

Demikian manfaat kaca film yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda memilih kaca film dengan kualitas baik agar mendapat hasil yang maksimal dan mintalah pada ahlinya untuk memasang kaca film agar kaca film terpasang sempurna dan terhindar dari gelembung saat pemasangan.


Banyak sekali orang Indonesia yang suka mengendarai mobil. Alasannya terutama agar terhindar dari panas matahari dan juga hujan saat berkendara di jalan. Dengan meningkatnya minat masyarakat Indonesia untuk membeli mobil, membuat banyak industri otomotif yang semakin gencar untuk menaikkan produksi mobil setiap tahunnya.

Bagi Anda yang sudah punya mobil, tentunya Anda wajib tahu bagaimana cara merawat mobil dengan benar. Memang dengan merawat mobil kita akan mengeluarkan uang yang bisa dibilang tidak sedikit.

Namun tentu saja itu juga demi perawatan dan kenyamanan Anda dalam berkendara. Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan kaca film mobil.
Manfaat Pasang Kaca Film Mobil

Baca Juga : Special Service Tool: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

pemasangan kaca film

Jika Anda mempunyai mobil di rumah, alangkah baiknya Anda pasang kaca film mobil pada mobil Anda tersebut. Kaca film mobil sangat membantu Anda dalam mengurangi intensitas cahaya yang masuk saat siang hari. Selain itu juga kaca film bisa membantu mengurangi resiko kejahatan di jalanan.

Kaca film juga tidak membutuhkan perawatan yang intens. Cukup Anda jaga supaya tidak terkena goresan, itu saja. Sebelum itu, pastikan Anda memilih kaca film mobil yang berkualitas.

Baca Juga : Tidak Hanya Melumasi, Ini Sebenarnya Fungsi Penting Oli Mesin

Jangan sampai Anda tertipu oleh oknum-oknum yang menawarkan kaca film murah, namun tidak memiliki kualitas yang bagus. Lalu, apa manfaat kaca film? Ternyata ini manfaat pasang kaca film mobil.

UmrohMengurangi Intensitas Cahaya Masuk

UmrohTujuan dan fungsi utama dari pemasangan kaca film pada mobil yaitu untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk. Saat siang hari, apalagi ketika sinar matahari sedang terik-teriknya, bisa membuat perjalanan Anda terganggu karena panas yang masuk dalam kabin. Dengan Anda memasang kaca film, cahaya yang masuk menjadi berkurang.

UmrohSelain itu pemasangan kaca film mobil juga berguna untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk pada saat malam hari. Hal ini karena banyak sekali kendaraan yang diproduksi saat ini menggunakan lampu LED yang tentu saja bisa membuat silau mata kita saat berkendara. Nah dengan menggunakan kaca film mobil, rasa silau yang Anda alami akan sedikit berkurang karena ada kaca film mobil.
UmrohMengurangi Resiko Kejahatan Jalanan

UmrohBaca Juga : Wajib Tahu, Ini Penyebab Motor Brebet & Cara Mengatasinya

UmrohSaat ini sedang marak kasus kejahatan di jalanan. Kasus kejahatan jalanan contohnya adalah merampok dan mencuri barang-barang yang ada pada mobil. Nah Anda bisa mengatasi masalah ini dengan memasang kaca film mobil pada mobil Anda.

UmrohKaca film bisa melindungi Anda dari penjahat di jalanan. Hal ini karena Kaca film bisa mengurangi pandangan orang dari luar saat melihat melalui kaca mobil Anda. Dengan begitu, orang yang memiliki niat jahat terhadap Anda akan kesusahan saat hendak melihat situasi di dalam mobil.
UmrohKeamanan Menjadi Meningkat

UmrohKetika mobil mengalami benturan, kaca film bisa menguatkan kaca dari benturan. Hal ini dikarenakan kaca film biasanya terbuat dari bahan lapis logam, polyester dan perekat khusus.

UmrohSehingga ketika benturan terjadi, perekat pada kaca film akan bereaksi sehingga kaca tidak akan langsung pecah. Hal ini akan mengurangi kemungkinan penumpang akan terluka jika memang terjadi kecelakaan di jalan.
UmrohMenjaga Privasi Anda

UmrohAnda pasti sering mengalami dilihat oleh seseorang di jalan ketika sedang berada di dalam mobil. Tentu saja hal ini tidak enak, karena privasi memang sangat dibutuhkan oleh manusia.

UmrohSalah satu manfaat kaca film lainnya adalah bisa menjaga privasi Anda saat berada di dalam mobil. Orang-orang tidak akan bisa leluasa melihat isi di dalam mobil Anda karena terhalang oleh kaca film mobil.

UmrohPrivasi saat ini menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kita saat berkendara. Kaca film mobil bisa menjaga privasi kita dan juga penumpang yang berada pada kabin mobil. Orang-orang di luar mobil tentu saja tidak bisa melihat apa yang sedang kita lakukan, sehingga kita tidak perlu khawatir akan privasi kita saat berkendara di jalan raya menggunakan mobil.
UmrohUntuk Bergaya

UmrohSalah satu alasan orang memilih memasang kaca film pada mobil mereka adalah untuk meningkatkan tampilan mobil. Memang, kaca film bisa membuat mobil Anda menjadi lebih elegan dan eksklusif. Apalagi kaca film memiliki beragam warna dan tingkat kegelapan yang bisa diatur.

UmrohTampil bergaya dan beda tentu saja saat ini menjadi peran yang cukup penting bagi kita dalam memilih kaca film mobil. Banyak orang menganggap jika kaca film mobil bisa meningkatkan penampilan dan juga kegantengan mobil. Oleh sebab itu banyak juga yang memasang kaca film mobil.

Mitos Kegelapan Kaca Film Mobil

kaca film mobil

Dalam dunia otomotif, terutama pada kendaran mobil ternyata juga ada mitos yang cukup populer. Mitos tersebut adalah banyak orang yang menganggap jika semakin gelap kaca film mobil yang dipakai, maka akan semakin baik juga kaca film tersebut bisa menangkal sinar matahari yang masuk. Padahal sebenarnya hal tersebut sama sekali tidak benar.

Tidak ada hubungan antara tingkat kegelapan kaca film mobil dengan kemampuan menangkal sinar matahari yang masuk. Dengan begitu tentu saja dalam mencari kaca film mobil, Anda tidak hanya mencari berdasarkan tingkat kegelapan.

Atau bahkan Anda memasangkan kaca film yang berlapis-lapis dengan harapan bisa menangkal sinar matahari yang masuk, akan tetapi yang mempengaruhi tingkat kemampuan kaca film dalam menangkal sinar matahari adalah VLT atau Visible Light Transmission yang merupakan parameter yang dipakai guna mengukur tingkat gelap dan terang kaca film mobil.

Semakin tinggi tingkat VLT tentu saja tingkat kegelapan kaca film mobil akan semakin rendah. Sebaliknya semakin rendah tingkat VLT tentu saja tingkat kegelapan kaca film akan semakin tinggi
Menentukan Tingkat Kegelapan Kaca Film Mobil

Dalam menentukan tingkat kegelapan kaca film mobil, sebaiknya Anda harus benar-benar memperhitungkannya dengan tepat. Antara kaca depan, samping dan belakang tentu saja memiliki tingkat kegelapan yang berbeda. Seperti yang sudah Kami jelaskan di bawah ini.

UmrohKaca Depan

UmrohUntuk urusan keselamatan, bagian kaca depan mobil dianjurkan hanya menggunakan tingkat kegelapan 20 persen saja. Namun jika dirasa 20 persen masih terlalu terang, Anda bisa meningkatkan kegelapan kaca film mobil maksimal hingga 40 persen saja.
UmrohKaca Samping Kanan Kiri

UmrohUsahakan menggunakan kaca film untuk bagian kanan dan kiri mobil dengan tingkat kegelapan setengah dari tingkat kegelapan kaca depan. Jadi misalnya kaca depan Anda memiliki tingkat kegelapan 20 persen, maka Anda pasang kaca film mobil untuk bagian ini cukup dengan tingkat kegelapan 10 persen saja.
UmrohKaca Belakang Mobil

UmrohYang terakhir adalah pemilihan tingkat kegelapan kaca belakang mobil. Jika pada bagian tengah kabin dilengkapi dengan spion rayben mode, maka Anda cukup menggunakan kaca film pada bagian belakang mobil dengan tingkat kegelapan maksimal 40 persen.


Related Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel